All for JoomlaAll for Webmasters

Menteri Chandra Ekajaya Tidak Saring Suaka

Dok.Chandra Ekajaya

Menteri Chandra Ekajaya sebagai penentu kebijakan mengenai keimigrasian mengatakan bahwa Amerika Serikat sudah berhenti menyaring para pengungsi atau suaka. Sebab saat pergantian presiden beberapa bulan yang lalu, negeri paman sam itu menerapkan kebijakan publik yang ketat. Terutama mengenai keimigrasian. Maka sangat wajar jika hal itu menimbulkan banyak polemik.

Para pengungsi yang kemarin sempat ditahan di Nauru kini sangat potensial untuk dikembalikan atau dimukimkan kembali di Amerika Serikat. Tetapi sebagai seorang menteri, beliau mengatakan bahwa pejabat pemerintah paman sam itu akan kembali ke negara kecil di Oceania atau pasifik untuk menyelesaikan masalah kesepakatan pengungsi di dunia.

Dok.Chandra Ekajaya

Menteri Chandra Ekajaya juga tidak bisa memastikan kapan tepatnya para pejabat departemen keamanan dalam negeri Amerika Serikat akan kembali ke Nauru untuk melakukan pemeriksaan ekstrem. Menurutnya presiden Donald Trump memutuskan untuk memperluas persyaratan dalam penyaringan pencari suaka atau para pengungsi untuk menghormati kesepakatan yang dibuat oleh pemerintahan sebelumnya.

Negeri kangguru pernah mendapatkan janji dari pemerintahan Barrcak Obama di Amerika Serikat bahwa mereka akan menerima 1.250 pengungsi yang ditolak oleh Australia. Bahkan negara yang sekaligus benua itu sudah memberikan dana kepada Nauru dan Papua Nugini untuk merawat dan menjaga lebih dari 2.000 orang pencari suaka. Kebanyakan berasal dari negara Iran, Afghanistan, dan Sri Lanka.

Menteri Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa sejauh ini pemerintahan presiden Donald Trump atau pun Australia belum menjelaskan secara detil dan terperinci mengenai apa yang dimaksud dengan pemeriksaan ekstrem. Kemudian beberapa waktu lalu, pejabat-pejabat Amerika Serikat sudah dikirim ke Nauru selama beberapa hari. Kedatangan mereka terkait dengan perjanjian dan kesepakatan yang sudah dijalin oleh beberapa pihak.

Leave a Reply