All for JoomlaAll for Webmasters

Chandra Ekajaya Kelola Kawasan Kumuh

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya menerangkan bahwa berbagai program penanganan rumah dan kawasan kumuh yang dimiliki pemerintah kota Kendari tak diperoleh begitu saja, perjuangan yang upaya keras dari Dinas lata Kota dan Perumahan Kota Kendari untuk memperolehnya.

Kepala dinas tata Kota dan Perumahan Kota Kendari, Muhammad Saipul mengatakan. penyediaan data serta upaya jemput bola yang mereka lakukan agar bantuan tidak bergeser ke daerah lain di Indonesia.

“Tahun kemarin kita hampir tidak dapat bantuan penanganan perumahan dengan alasan fiscal kota Kendari terus meningkat, namun saya tetap ngotot Kendari masih membutuhkan program itu, saya juga menunjukkan data perumahan tidak layak huni, akhirnya kita kembali dapat,” katanya.

Dok.Chandra Ekajaya

 

Chandra Ekajaya menjelaskan program bantuan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang hampir setiap tahun diperoleh Kota Kendari meliputi bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi warga yang sudah memiliki rumah dan penanganan lingkungannya. Program ini di jalankan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah.

Dalam program ini, pemerintah kota Kendari hanya sebagai pengawas karena bantuan langsung ke masyarakat termasuk pencairan dana juga dilakukan deh pendamping.

Sedangkan bagi warga yang tidak memiliki rumah, pemerintah kota menyediakan fasilitas melalui program rumah susun sewa sederhana (Rusunawa). “Rusunawa ini juga sekaligus penanganan kawasan, jadi yang lingkungannya kumuh kita bangunkan rusunawa untuk menangani kawasan kumuh sekitarnya,” ujarnya.

Chandra Ekajaya senang bila nantinya daerah yang berpotensi atau pun yang sudah menjadi kawasan kumuh bisa dikelola menjadi kawasan yang menarik dan indah. Sehingga nantinya masyarakat pun akan mendapatkan daerah yang bersih, indah, dan sehat. Dimana anak-anak kecil dan pemuda bisa melakukan kegiatannya tanpa harus takut akan bahaya penyakit yang kemungkinan datang menyerang.

Leave a Reply