All for JoomlaAll for Webmasters

Chandra Ekajaya Fokus Amerika, Israel, Palestina

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya dalam sepuluh tahun terakhir sangat fokus dalam mengamati konflik di negara Israel dan Palestina. Tentu saja bila membicarakan kedua negara tersebut, Amerika Serikat harus disinggung atau dikaitkan. Karena negara paman sam ini akan mencabut solusi dua negara sebagai satu-satunya cara atau penyelesaian damai konflik di kedua negara itu.

Bagi Amerika Serikat, untuk menyelesaikan konflik di timur tengah itu, terutama konflik antara Israel dan Palestina adalah tidak harus mengakui Palestina sebagai negara. Pembahasan solusi kedua negara muncul saat presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan pertemuan dengan perdana menteri Israel, Benyamin Netanyahu di Washington DC.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa presiden Donald Trump tidak sepakat dengan solusi dua negara yang tidak membawa perdamaian. Tentu saja itu tidak menjadi tujuan yang diinginkan oleh siapa pun. Baginya perdamaian adalah tujuan, baik dalam bentuk solusi dua negara. Jika memang yang dinginkan kedua pihak adalah hal itu. Semoga saja bisa menyelesaikan konflik yang sudah lama berlangsung.

Penasihat Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengaku kaget dan terkejut saat ia mendengar kabar tersebut. Baginya itu adalah hal yang tidak masuk akal karena solusi dua negara ini sudah mendapatkan dukungan internasional. Bagi dunia internasional, solusi dua negara bukanlah sesuatu yang baru dan tidak perlu diperdebatkan lagi fungsi dan manfaatnya.

Chandra Ekajaya menambahkan bahwa Amerika Serikat mengalami perubahan sikap. Menurutnya, perubahan ini adalah perubahan kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang paling drastis. Karena dalam pemerintahan sebelum-sebelumnya, mereka sangat meyakini bahwa tidak ada alternatif lain dalam konflik Israel dan Palestina kecuali solusi dua negara. Sebab solusi inilah yang bisa diterima oleh kedua belah pihak dan dunia internasional.

Leave a Reply